Geolog, Geologist, atau Ahli Geologi?

Seorang lulusan kampus geologi dan bekerja di bidangnya sebenarnya disebut geolog, geologist, atau ahli geologi? Mungkin ini tema iseng bagi sebagian orang tetapi sedikit menggelitik buat saya.

Jika kita membuka lowongan kerja di petromindo.com hari ini, kita akan melihat lowongan tenaga geologi selalu disebut geologist, walaupun lowongan itu berbahasa Indonesia, sangat jarang saya melihat atau membaca profesi ini dengan geolog atau ahli geologi. Tetapi kenapa harus geologist? Bukankah itu belum disadur ke dalam bahasa Indonesia? Memang kadang ada nilai rasa aneh dan asing jika nama kita dilekatkan dengan geolog (tidak familiar) atau ahli geologi (ada rasa belum pantas disebut ahli).

Tenaga geologi hadir dalam berbagai spesifikasi. Ada yang sebagai akademisi dan ada yang sebagai praktisi di bidang pertambangan, perminyakan, perencanaan kota dan wilayah, power, pekerjaan sipil dan geoteknik. Mereka umumnya dikenal sebagai geologist atau kadang disingkat geos.

Pemakaian istilah geologist lebih familiar atau memang bakunya seperti itu. Hemat saya, ada beberapa alasan yang memungkinkan penggunaan istilah ini;
1. Geologist, tentunya kedengarannya lebih keren daripada geolog atau ahli geologi
2. Geolog, secara pengucapan dan pendengaran tidak begitu menarik, walaupun hemat saya, inilah kosakata yang benar menurut bahasa Indonesia
3. Ahli geologi, kata ahli kadang sulit dilekatkan kepada setiap orang walaupun sekolah tinggi karena keahlian perlu pembuktian. Tenaga muda yang miskin ilmu dan pengalaman seperti saya mungkin belum pantas dan lama untuk mendapatkan kepantasan dikatakan ahli geologi.

Bagaimana menurut anda? Anda seorang geologist, geolog, atau ahli geologi?

Comments

Anis kurniasih said…
I am a geologist,,saya seorang geolog,,just as simple as you say..'I am a student..saya seorang murid'...
Sepakat, di atas juga saya mengatakan bahwa yang benar menurut saya "geolog", tetapi telinga kita lebih umum dengan "geologist". Simple memang... Mungkin ini yang disebut dengan "salah kaprah"

Popular posts from this blog

ANALISIS PENGARUH DISKONTINUITAS TERHADAP KESTABILAN LERENG TAMBANG

TAHAPAN-TAHAPAN EKSPLORASI MINERAL MANGAAN